Selasa, 20 Oktober 2015

Media Sosial (Social Media)

A.       Definisi  Media Sosial
Pengertian media sosial terus berubah seiring dengan terus berkembangnya media sosial tersebut, walaupun tentu saja masih dalam benang merah yang sama. Secara garis besar, media sosial atau jejaring sosial adalah sebuah platform dan teknologi yang memungkinkan dibuatnya konten interaktif, kolaborasi, dan pertukaran informasi antara para penggunanya serta semua itu berbasis internet. Untuk lebih memahami apa itu media sosial, simak beberapa pendapat di bawah ini:
1.        Lisa Buyer (The Buyer Group)
Lisa Buyer mendefinisikan media sosial adalah bentuk hubungan masyarakat (humas) yang paling transparan, menarik dan interaktif pada saat ini.
2.        Marjorie Clayman (Clayman Advertising, Inc.)
Menurut Marjorie Clayman, media sosial adalah alat pemasaran baru yang memungkinkan Anda untuk mengenal pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.
3.        Sam Decker (Mass Relevance)
Sam Decker menyatakan media sosial adalah konten dan interaksi digital yang dibuat oleh dan antara orang yang satu dengan yang lainnya.
4.        Chris Garrett (Chrisg.com)
Chris Garrett berpendapat bahwa media sosial adalah alat, jasa, dan komunikasi yang memfasilitasi hubungan antara orang satu dengan yang lain serta memiliki kepentingan atau ketertarikan yang sama.
5.        Wikipedia
Sedangkan menurut Wikipedia, media sosial adalahalat berbasis komputer yang memungkinkan orang untuk membuat, berbagi, atau bertukar informasi, ide, dan gambar/video dalam komunitas dan jaringan virtual.
6.        Andreas Kaplan dan Michael Haenlein 
Mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content".
Dari beberapa pengertian di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa media sosial haruslah memiliki unsur interaksi antar manusia, baik itu antara individu dengan individu, atau pun individu dengan organisasi/perusahaan.
Pengertian media sosial ini bisa berbeda-beda tergantung dari sudut mana kita memandangnya. Contohnya, seorang pedagang baju online bisa mengartikan media sosial adalah pasar tempat dia mempromosikan barang jualannya. Sedangkan bagi seorang artis, maka media sosial adalah tempat untuk berinteraksi dan lebih dekat dengan para penggemarnya.

B.       Klasifikasi Media Sosial
Media sosial teknologi mengambil berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan menerapkan satu set teori-teori dalam bidang media penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi, self-disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial.
1)       Proyek Kolaborasi
Website mengijinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, ataupun me-remove konten – konten yang ada di website ini. Contohnya wikipedia.
2)       Blog dan microblog
User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya twitter.
3)       Konten
para user dari pengguna website ini saling meng-share konten – konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain. Contohnya youtube.
4)       Situs jejaring sosial
Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto. Contoh facebook.
5)       Virtual game world
Dunia virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. Contohnya game online.
6)       Virtual social world
Dunia virtual yang dimana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan, Contohnya Second Life.
C.       Ciri-ciri Media Sosial
Media sosial mempunyai ciri - ciri sebagai berikut:
1)      Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa ke berbagai banyak orang, contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
2)      Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
3)      Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.

D.       Perkembangan Media Sosial
Perkembangan dari Media Sosial itu sendiri sebagai berikut:
Perkembangan dari Media Sosial itu sendiri sebagai berikut:
Ø  1978 Awal dari penemuan Sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik , ataupun mengunggah dan mengunduh Perangkat lunak , semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengaan modem.
Ø  1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
Ø  1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com dianggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
Ø  1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa dikatakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
Ø  2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
Ø  2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
Ø  2003 Berdirinya MySpace. MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya, sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
Ø  2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
Ø  2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
Ø  2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring sosial pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April 2007). Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori onLINE organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
Ø  2009 WhatsApp diluncurkan. Aplikasi messenging ini berdiri sejak tahun 2009 oleh 2 orang pria yang bernama Brian Acton dan Jan koum. Keduanya adalah mantan pekerja senior di raksasa online Yahoo. Keduanya telah bekerja di Yahoo hingga 20 tahun lamanya. Jan koum awalnya mempunyai sebuah ide untuk menciptakan sebuah aplikasi yang bisa mem-broadcast status ketika seseorang tidak dapat dihubungi dalam suatu alasan tertentu.
Namun sayangnya aplikasi tersebut mendapat respon yang sedikit untuk banyak orang. Tapi setelah mereka menambahkan aplikasimessenger ke dalam WhatsApp pada paruh tahun 2009, aplikasi tersebut meledak di pasaran dan menuai banyak perhatian oleh masyarakat.
Aplikasi ini support dengan semua platform yaitu android, ios, blackberry, windows phone, bahkan symbian juga bisa. Berapa Penggunanya? Data pada agustus 2012, whatsapp dapat mengirimkan hingga 10 miliyar pesan per hari dari penggunanya di seluruh dunia. padahal bulan april 2012 baru 2 miliyar pesan dikirim.
Ø  Maret 2010 KakaoTalk. aplikasi ini lebih populer dibanding LINE karena awal mula lahirnya KakaoTalk lebih tua atau senior pada 18 maret 2010 oleh Kakao Corp. Pendirinya sendiri bernama Beom soo kim adalah mantan CEO NHN Corporation. Saat ini layanan KakaoTalk bisa dinikmati oleh pengguna Windows Phone IOS, Android dan bahkan BlackBerry. Berapa penggunanya? Pada bulan Maret 2013, penggunanya menembus 88 Juta pengguna KakaoTalk.
Ø  Oktober 2010 WeChat. Siapa yang tak kenal WeChat? Layanan wechat ini dikembangkan oleh Tencent Holding, sebuah TI Raksasa asal china. Proyeknya sendiri dimulai pada bulan Oktober 2010 di Tencent Guangzhou Research and Project Center. Nama awal pembuatannya wechat sebdiri diberi nama Weixin yang diusulkan Ma Huateng,CEO Tencent. Pada April 2011, Weixin di rubah menjadi WeChat, karena aplikasi ini akan diperkenalkan secara Internasional. Aplikasi ini bisa dijalankan di Android, IOS, Windows Phone, BlackBerry, bahkan di Symbian.
Berapa Penggunanya? Pada Mei 2011, penggunanya mencapai sekitar 5 juta user. Pada akhir tahun 2011, penggunanya sudah mencapai 50 juta user. Dan menembus angka hingga 100 juta pengguna pada Maret 2012. Sejak diluncurkan 2 tahun yang lalu oleh Tencent, pengguna WeChat telah menembus 300 juta pengguna termasuk Indonesia.
Ø  2011 LINE adalah aplikasi messenger yang di buat oleh perusahaan asal korea selatan yaitu NHN. NHN Corporation juga beroperasi di Naver yaitu mesin pencarian terbesar di korea selatan. LINE sendiri diluncurkan sejak tanggal 23 Juni 2011 oleh NHN cabang dari negara tetangga yaitu jepang setelah peristiwa terjadinya gempa di jepang. NHN menyadari bahwa setelah adanya gempa bumi terebut menyebabkan keruakan bear di sistem komunikasi dan menemukan layanan data aga bekerja lebih baik lagi. Dan dapat disimpulkan, akibat dari semua itu maka dibuatlah LINE ini dan memutuskan bahwa layanan ini dapat diakses oleh smartphone, tablet, dan deskop, dan lainya untuk melakukan pesan instant tersebut secara gratis. Darimana asal nama LINE? Nama ini terinspirasi dari antrian banyak orang di telepon publik setelah gempa terjadi.
Berapa penggunanya? Pada bulan November 2012, pengguna yang memakai LINE telah mencapai 74 juta di seluruh dunia. Dan pada 2 mei 2013, penggunanya menembus hingga 150 juta pengguna di LINE.
Ø  2011 Lahirnya Google+google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran, google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
E.        Pertumbuhan Media Sosial
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat. Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan personal branding.

Perkembangan dari media sosial ini sungguh pesat, ini bisa di lihat dari banyaknya jumlah anggota yang dimiliki masing - masing situs jejaring sosial ini, berikut tabel jumlah anggota dari masing - masing situs yang di kutip dari (August E. Grant:297) pada 1 mei 2010.

No
Nama situs
Jumlah member
1
Facebook
250.000.000
2
Myspace
122.000.000
3
Twitter
80.500.000
4
Linkedin
50.000.000
5
Ning
42.000.000


      Sedangkan berdasarkan laporan baru mengenai pertumbuhan pengguna internet di dunia, termasuk di dalamnya media sosial menurut salah satu website  sebuah agensi marketing sosial, mengeluarkan sebuah laporan [tahunan] mengenai data jumlah pengguna website, mobile, dan media sosial dari seluruh dunia. Dan berikut adalah perkembangan dunia digital di dunia dan Indonesia:









                                      
                                                   (Sumber : we are social)
Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia :






(Sumber : techinasia)

·         72,7 juta pengguna aktif internet
·   72 juta pengguna aktif media sosial, dimana 62 penggunanya mengakses media sosial menggunakan perangkat mobile
·           308,2 juta pengguna handphone

F.        Dampak Media Sosial
1)      Dampak Positif
       Ø  Sebagai tempat promosi Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial,                     membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan,
Ø  Ajang memperbanyak teman, Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah.
Ø  Sebagai media komunikasi, Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalammaupun luar negeri Tempat mencari informasi, Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyeberannya
Ø  Tempat berbagi, Dengan fitur yanga ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara.
2) Dampak Negatif
Ø  Munculnya tindak kejahatan, Banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan penipuan
Ø  Mengganggu hubungan antar pasangan, Media sosial juga dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain
Ø  Menimbulkan sifat candu, Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar.


(TINA APRILIANA 132050044)

SUMBER :


2 komentar:

  1. Referensi lain ada gak? Untuk daftar pustaka soalnya 🙂
    Terimakasih

    BalasHapus
  2. Thanks infonya. Oiya ngomongin media sosial, tau ga sih kalo medsos itu ternyata bisa bikin seseorang jadi boros. Cek penjelasannya di sini ya: Media sosial bikin kamu milenial makin boros, kok bisa?

    BalasHapus