A. Definisi Media Sosial
Pengertian media sosial terus berubah seiring dengan terus berkembangnya media sosial
tersebut, walaupun tentu
saja masih dalam benang merah yang sama. Secara garis besar, media sosial atau jejaring sosial adalah
sebuah platform dan teknologi yang memungkinkan dibuatnya konten interaktif,
kolaborasi, dan pertukaran informasi antara para penggunanya serta semua itu
berbasis internet. Untuk lebih
memahami apa itu media sosial, simak beberapa pendapat di bawah ini:
1.
Lisa Buyer (The Buyer Group)
Lisa Buyer mendefinisikan media sosial adalah bentuk hubungan masyarakat (humas)
yang paling transparan, menarik dan interaktif pada saat ini.
2.
Marjorie Clayman (Clayman Advertising, Inc.)
Menurut Marjorie Clayman, media sosial adalah
alat pemasaran baru yang memungkinkan
Anda untuk mengenal pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya
tidak mungkin dilakukan.
3.
Sam Decker (Mass Relevance)
Sam Decker menyatakan media sosial adalah konten dan interaksi digital yang dibuat oleh dan
antara orang yang satu dengan yang lainnya.
4.
Chris Garrett (Chrisg.com)
Chris Garrett berpendapat bahwa media sosial adalah alat, jasa, dan
komunikasi yang memfasilitasi hubungan antara orang satu dengan yang lain serta
memiliki kepentingan atau ketertarikan yang sama.
5.
Wikipedia
Sedangkan menurut Wikipedia, media sosial
adalahalat berbasis komputer yang
memungkinkan orang untuk membuat, berbagi, atau bertukar informasi, ide, dan
gambar/video dalam komunitas dan jaringan virtual.
6.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein
Mendefinisikan
media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang
membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan
penciptaan dan pertukaran user-generated
content".
Dari beberapa pengertian di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa
media sosial haruslah memiliki unsur interaksi antar manusia, baik itu antara
individu dengan individu, atau pun individu dengan organisasi/perusahaan.
Pengertian media sosial ini bisa berbeda-beda tergantung dari sudut mana
kita memandangnya. Contohnya, seorang pedagang baju online bisa mengartikan media sosial adalah pasar tempat dia
mempromosikan barang jualannya. Sedangkan bagi seorang artis, maka media sosial
adalah tempat untuk berinteraksi dan lebih dekat dengan para penggemarnya.
B. Klasifikasi Media
Sosial
Media sosial teknologi mengambil
berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial,
microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark
sosial. Dengan menerapkan satu set teori-teori dalam bidang media penelitian
(kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial (self-presentasi,
self-disclosure) Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk
berbagai jenis media sosial dalam artikel Horizons Bisnis mereka diterbitkan
dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial.
1) Proyek Kolaborasi
Website mengijinkan usernya untuk dapat mengubah,
menambah, ataupun me-remove konten – konten yang ada di website ini. Contohnya wikipedia.
2) Blog dan microblog
User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di
blog ini seperti curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. Contohnya twitter.
3) Konten
para user dari pengguna website ini saling
meng-share konten – konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain –
lain. Contohnya youtube.
4) Situs jejaring sosial
Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat
terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan
orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto. Contoh facebook.
5) Virtual game world
Dunia virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan
3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar – avatar yang diinginkan serta
berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. Contohnya game online.
6) Virtual social world
Dunia virtual yang dimana penggunanya merasa hidup
di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang
lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan, Contohnya Second Life.
C. Ciri-ciri Media
Sosial
Media sosial
mempunyai ciri - ciri sebagai berikut:
1)
Pesan yang di
sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa ke berbagai banyak orang,
contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
2)
Pesan yang di
sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
3)
Pesan yang di
sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
Penerima pesan yang
menentukan waktu interaksi.
D. Perkembangan Media
Sosial
Perkembangan dari Media Sosial itu
sendiri sebagai berikut:
Perkembangan dari Media Sosial itu
sendiri sebagai berikut:
Ø
1978 Awal dari
penemuan Sistem papan buletin yang
memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat
elektronik , ataupun mengunggah dan mengunduh Perangkat
lunak , semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang
terhubung dengaan modem.
Ø
1995 Kelahiran dari
situs GeoCities, situs ini
melayani Web Hosting yaitu
layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar halaman website tersebut
bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website
lain.
Ø
1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun
sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang
juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com dianggap
lebih menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
Ø
1999 Muncul situs
untuk membuat blog pribadi,
yaitu Blogger.
situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri.
sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal
pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa dikatakan blogger
ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
Ø
2002 Berdirinya Friendster,
situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal.
Ø
2003 Berdirinya LinkedIn,
tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn
juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial
makin berkembang.
Ø
2003 Berdirinya MySpace.
MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya, sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial
yang user friendly.
Ø
2004 Lahirnya Facebook,
situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah
satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
Ø
2006 Lahirnya Twitter,
situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status
atau yang bernama Tweet ini yang
hanya di batasi 140 karakter.
Ø
2007 Lahirnya Wiser,
situs jejaring sosial pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan
Hari Bumi (22 April 2007). Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori
onLINE organisasi lingkungan seluruh
dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
Ø
2009 WhatsApp
diluncurkan. Aplikasi messenging ini berdiri sejak tahun 2009
oleh 2 orang pria yang bernama Brian Acton dan Jan koum. Keduanya adalah mantan
pekerja senior di raksasa online Yahoo. Keduanya telah bekerja di Yahoo hingga 20 tahun lamanya. Jan koum
awalnya mempunyai sebuah ide untuk menciptakan sebuah aplikasi yang bisa
mem-broadcast status ketika seseorang tidak dapat dihubungi dalam suatu alasan
tertentu.
Namun
sayangnya aplikasi tersebut mendapat respon yang sedikit untuk banyak orang.
Tapi setelah mereka menambahkan aplikasimessenger ke dalam WhatsApp pada paruh
tahun 2009, aplikasi tersebut meledak di pasaran dan menuai banyak perhatian
oleh masyarakat.
Aplikasi
ini support dengan semua platform yaitu android, ios, blackberry, windows
phone, bahkan symbian juga bisa. Berapa Penggunanya? Data pada agustus 2012,
whatsapp dapat mengirimkan hingga 10 miliyar pesan per hari dari penggunanya di
seluruh dunia. padahal bulan april 2012 baru 2 miliyar pesan dikirim.
Ø Maret 2010 KakaoTalk. aplikasi ini lebih populer dibanding LINE karena awal mula lahirnya KakaoTalk
lebih tua atau senior pada 18 maret 2010 oleh Kakao Corp. Pendirinya sendiri
bernama Beom soo kim adalah mantan CEO NHN Corporation. Saat ini layanan KakaoTalk bisa dinikmati oleh pengguna
Windows Phone IOS, Android dan bahkan BlackBerry. Berapa penggunanya? Pada
bulan Maret 2013, penggunanya menembus 88 Juta pengguna KakaoTalk.
Ø
Oktober 2010 WeChat. Siapa
yang tak kenal WeChat? Layanan wechat
ini dikembangkan oleh Tencent Holding, sebuah TI Raksasa asal china. Proyeknya
sendiri dimulai pada bulan Oktober 2010 di Tencent Guangzhou Research and
Project Center. Nama awal pembuatannya wechat sebdiri diberi nama Weixin yang
diusulkan Ma Huateng,CEO Tencent. Pada April 2011, Weixin di rubah menjadi
WeChat, karena aplikasi ini akan diperkenalkan secara Internasional. Aplikasi
ini bisa dijalankan di Android, IOS, Windows Phone, BlackBerry, bahkan di
Symbian.
Berapa
Penggunanya? Pada Mei 2011, penggunanya mencapai sekitar 5 juta user. Pada
akhir tahun 2011, penggunanya sudah mencapai 50 juta user. Dan menembus angka
hingga 100 juta pengguna pada Maret 2012. Sejak diluncurkan 2 tahun yang lalu
oleh Tencent, pengguna WeChat telah menembus 300 juta pengguna termasuk
Indonesia.
Ø 2011 LINE adalah aplikasi messenger yang di buat oleh perusahaan asal
korea selatan yaitu NHN. NHN Corporation juga beroperasi di Naver yaitu mesin
pencarian terbesar di korea selatan. LINE
sendiri diluncurkan sejak tanggal 23 Juni 2011 oleh NHN cabang dari negara
tetangga yaitu jepang setelah peristiwa terjadinya gempa di jepang. NHN
menyadari bahwa setelah adanya gempa bumi terebut menyebabkan keruakan bear di
sistem komunikasi dan menemukan layanan data aga bekerja lebih baik lagi. Dan
dapat disimpulkan, akibat dari semua itu maka dibuatlah LINE ini dan memutuskan bahwa layanan ini dapat diakses oleh
smartphone, tablet, dan deskop, dan lainya untuk melakukan pesan instant
tersebut secara gratis. Darimana asal nama LINE?
Nama ini terinspirasi dari antrian banyak orang di telepon publik setelah gempa
terjadi.
Berapa penggunanya? Pada
bulan November 2012, pengguna yang memakai LINE
telah mencapai 74 juta di seluruh dunia. Dan pada 2 mei 2013, penggunanya
menembus hingga 150 juta pengguna di LINE.
Ø
2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan
situs jejaring sosialnya yang bernama google+,
namun pada awal peluncuran, google+
hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
E.
Pertumbuhan Media Sosial
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan
semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media
tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal
yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna
media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet
bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan
dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa
mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan
berbagai model content lainnya.
Menurut Antony Mayfield dari iCrossing,
media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan
berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang
yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas.
Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain
kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri
sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat.
Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi
diri dan kebutuhan
menciptakan personal branding.
Perkembangan dari media sosial ini sungguh pesat,
ini bisa di lihat dari banyaknya jumlah anggota yang dimiliki masing - masing situs jejaring sosial ini, berikut tabel jumlah anggota dari
masing - masing situs yang di kutip dari (August E. Grant:297) pada 1 mei 2010.
No
|
Nama situs
|
Jumlah member
|
1
|
Facebook
|
250.000.000
|
2
|
Myspace
|
122.000.000
|
3
|
Twitter
|
80.500.000
|
4
|
Linkedin
|
50.000.000
|
5
|
Ning
|
42.000.000
|
Sedangkan berdasarkan laporan
baru mengenai pertumbuhan pengguna internet di dunia, termasuk di dalamnya
media sosial menurut salah satu website sebuah agensi marketing sosial,
mengeluarkan sebuah laporan [tahunan] mengenai data jumlah pengguna website,
mobile, dan media sosial dari seluruh dunia. Dan berikut adalah perkembangan
dunia digital di dunia dan Indonesia:
(Sumber : we are social)
Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia :
(Sumber : techinasia)
· 72,7
juta pengguna aktif internet
· 72
juta pengguna aktif media sosial, dimana 62 penggunanya mengakses media sosial
menggunakan perangkat mobile
·
308,2
juta pengguna handphone
F.
Dampak Media Sosial
1) Dampak Positif
Ø Sebagai tempat promosi
Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan
kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan,
Ø Ajang memperbanyak teman,
Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah.
Ø Sebagai media komunikasi,
Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalammaupun luar negeri
Tempat mencari informasi, Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan
media sosial sebagai media penyeberannya
Ø Tempat berbagi, Dengan fitur
yanga ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik
berupa foto, dokumen, maupun pesan suara.
2) Dampak Negatif
Ø
Munculnya tindak kejahatan, Banyak juga orang yang menggunakan media
sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan
penipuan
Ø
Mengganggu hubungan antar pasangan, Media sosial juga dapat memicu
kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak
wajar dengan orang lain
Ø Menimbulkan sifat candu, Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang
dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri
pada kehidupan sekitar.
(TINA APRILIANA 132050044)
SUMBER :
Referensi lain ada gak? Untuk daftar pustaka soalnya 🙂
BalasHapusTerimakasih
Thanks infonya. Oiya ngomongin media sosial, tau ga sih kalo medsos itu ternyata bisa bikin seseorang jadi boros. Cek penjelasannya di sini ya: Media sosial bikin kamu milenial makin boros, kok bisa?
BalasHapus